Laporan Tahunan Combine Resource Institution 2016

Transformasi digital telah mengubah seluruh aspek kehidupan, di seluruh bagian dunia, secara besar-besaran dengan begitu cepat, murah lagi mudah. Pada konteks negara bangsa, digitalisasi memperbesar kemungkinan terwujudnya transparansi dan partisipasi publik.

posting webNamun tentu digitalisasi tidak lantas hanya tentang mata air kesempatan dan peluang yang semata jernih dan baik. Risiko selalu ada, salah satunya adalah justru ketika bergantung semata pada teknologi digital dan menabalkannya sebagai tujuan, bukan alat.

Pengelolaan informasi berbasis komunitas misalnya, mendapatkan peluang luar biasa ketika perkembangan teknologi memungkinkan konvergensi media. Media komunitas misalnya, mendapatkan kesempatan luar biasa saat tidak lagi harus tunduk pada batas konvensional suatu wilayah. Bahkan melalui media sosial, siapapun bisa mendaku diri sebagai aktivis media komunitas melalui rentetan informasi yang disebarluaskan tanpa batas ruang dan waktu. Maka tantangan mendasarnya adalah bagaimana memastikan komunikasi, relasi dan dampak media komunitas tersebut dengan komunitasnya sendiri.

Demikian pula dengan pengelolaan sumber daya berbasis komunitas, salah satunya melalui pengelolaan data. Secara khusus pada konteks Indonesia, melalui sistem informasi desa maupun sistem informasi lain warga memiliki kesempatan lebih besar untuk berperan dalam proses perencanaan dan implementasi pembangunan. Peluang bisa berbalik menjadi bumerang saat gairahnya semata pada aplikasi, baik dengan dalih percepatan, perluasan dsb. Maka tantangannya adalah bagaimana memastikan fokusnya kembali pada tujuan utama yaitu peningkatan kualitas hidup seluruh warga yang berdaya dan mandiriĀ  dengan teknologi sebagai salah satu alatnya.

Tantangan-tantangan itulah yang pada 2016 ini coba mulai dikelola oleh CRI. Mulai dari merintis pemetaan kondisi terkini media komunitas melalui riset sederhana, terus berusaha memperbaiki pola pelatihan sistem informasi sebagai upaya membagikan pemahaman yang utuh tentang pengelolaan data, hingga menyegarkan kembali komitmen melalui Jagongan Media Rakyat yang menginjak penyelenggaraan keempat.

Capaian yang didapat mitra dan komunitas tahun ini menjadi penyegar yang membuat semangat terus terpompa. Bersama jejaring mitra baik lembaga dan komunitas, CRI ingin mulai memastikan tidak ada yang tertinggal gerbong kemajuan dengan digitalisasi sebagai lokomotifnya.

You may also like...