BERITA

Bantul Terus Dorong 75 Desa Gunakan SID

Dibaca 1 Menit
BERITA

Bantul Terus Dorong 75 Desa Gunakan SID

Dibaca 1 Menit

Pemerintah Kabupaten Bantul  terus mendorong implementasi  Sistem Informasi Desa (SID) kepada 75 desa se-Kabupaten Bantul. Diharapkan, mulai tahun ini,  seluruh desa sudah bisa menerapkan sistem tersebut.

Kepala KPDT menyatakan, tahun 2014 sudah ada 12 desa yang sudah menerapkan SID.  Harapannya, desa lainnya bisa segera menyusul sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Hari ini KPDT memulai fasilitasi pelatihan SID bagi 50  desa dan diharapkan bisa segera dijalankan,” jelasnya , Senin (11/5/2015). Pelatihan dibagi dalam empat angkatan, dimana tiap desa mengirim dua aparatnya. KPDT menjadwalkan pelaksanaan pelatihan mulai 11 – 27 Mei.

Penerapan SID ini diharapkan  semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menambah akurasi data guna dasar pengambilan keputusan di tingkat kabupaten, seperti data kemiskinan. Aplikasi pelayanan di dalam aplikasi SID menjadikan pelayanan persuratan di Desa lebih efisien.

SID pun sudah dilengkapi fitur website, dimana desa bisa menampilkan kegiatan-kegiatan desa dalam bentuk berita maupun foto dan video. Semakin desa aktif menyampaikan kegiatannya, diharapkan masyarakat semakin aktif berpartisipasi dalam pembangunan desa.

“KPDT telah memfasilitasi jaringan internet bagi seluruh desa, dan untuk menunjang SID, KPDT juga memfasilitasi hosting dan pendaftaran domain desa.id secara gratis, ” tambahnya.

Sumber : http://kpdt.bantulkab.go.id/2015/05/bantul-terus-dorong-75-desa-gunakan-sid/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *