Uncategorized

Radio Komunitas Tidak Akan Pernah Kehabisan Tema

Dibaca 1 Menit

Radio Komunitas memilki banyak isu dalam penyajian berita jika terus menerus menganalisa akar masalah yang terjadi di masyarakat dengan analisis sosial. Tema kemiskinan misalnya, memilki sudut pandang beragam dari sisi sosial budaya, ekonomi dan politik. Sehingga banyak sekali isu yang bisa diangkat di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pilihannya tergantung visi dari Radio Komunitas itu sendiri.
“Anda tidak akan kehabisan tentang apa saja cerita yang ada di kampung. Kita membuat orang terlibat melihat suatu wacana atau masalah persoaalan sehari-sehari. Menurut saya, anda sudah punya daftar untuk bisa disiarkan,” ujar Roem Topatimasang dari INSISTdi diskusi analisis sosial Festival Cerita Kampung hari kedua yang diselenggarakan oleh Suara Komunitas bekerjasama dengan CRI di Limasan CRI, 30 Juni 2013.

Dalam sesi Analisa Sosial , para peserta diajak menganalisa persoalan yang terjadi di tempat atau kota para peserta Festival Cerita Kampung dengan membentuk kelompok. Berbagai persoalan teridentifikasi diantaranya masalah kemiskinan, indentitas wilayah seperti di Nanggro Aceh Darussalam, pengangguran dan urbanisasi. Langkah-langkah yang dibuat oleh peserta dinilai Roem sudah baik. Meskipun belum bisa dikatakan sebagai analisis sosial karena belum mencari akar masalahnya dan tindakannya . “Kalau anda terus usut masalah itu, tak akan habis radio anda,” katanya.

“Kajian Saya lima tahun lalu data BPS tahun 2005 proyeksinya urbanisasi akan sampai 25%. Angka produktif usia 15-55 tahun. Kalau di desa nantinya tinggal hanya yang jompo bagaimana dengan desa?” Roem mencontohkan dalam teori ekonomi surplus Outflow , anak-anak desa tidak mau menjadi petani. Mereka keluar menjadi TKI. Setelah bekerja mereka mengirimin uang ke kampungnya. Di kampung karena sudah tidak memproduksi pangan, uang itu akhirnya dibelikan kebutuhan pangan, dibelikan gadged. Sehingga uang itu balik lagi ketempat-tempat negara yang memproduksinya.

Surplus Outflow di Jawa 80% dengan demikian tidak akan pernah selesai yang namanya kemiskinan. Dalam melakukan analisis sosial kita akan melihat banyak sudut pandang, semua terkait satu sama lain. Sudut pandang ekonomi, politik, sosial budaya adalah relasi sosial (saling berhubungan) dalam analisi sosial. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan tujuan dan visi dari Radio Komunitas. Masyarakat seperti apa yang diimpikan Radio Komunitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *